ALGORITMA PEMROGRAMAN

a.      Definisi Algoritma
Komputer merupakan mesin yang bekerja secara sistematis menggunakan sistem biner (binary) dalam pengerjaannya.komputer menggunakan pengoprasian sistem biner sebagaimana  teknik digital menggunakan komponen encoder,processor,dan decoder.Untuk memberikan perintah, diperlukan langkah-langkah yang disusun secara logis sehingga dapat dicerna dan dipahami oleh mesin komputer.Teknik ini disebut juga dengan algoritma.
            Algoritma berasal dari kata “algorism” yang merupakan panggilan popular bangsa Eropa terhadap seorang ahli matematika muslim dari Jazirah Arab bernama Abu ja’far Muhammad Ibnu Al-Khwarizmi yang hidup di abad ke-19. Namun dalam perkembangannya, istilah “algorism menjadi “algorithm” karena keterkaitan dengan istilah dalam matematika.
b.      Struktur Penulisan Algoritma
Ada 3 teknik penulisan algoritma sebelum diimplementasikan ke dalam bentuk kode program, yaitu sebagai berikut :
1)      Menggunkan bahasa alami (natural language)
pada struktur penulisan dengan metode natural language lebih mendekati dalam penulisan bergaya bahasa manusia yang digunakan dalam keseharian. Struktur penulisan algoritma adalah sebagai berikut.
a)      Bagian kepala (header)
Bagian ini menandakan awal permulaan sebuah algoritma. Biasanya berisi judul algoritma yang mewakili spesifikasi program. Bisanya diawali dengan keyword “program” di ikuti judul program. Sebaiknya dalam penulisannya lebih ringkas dan padat, tetapi memberikan gambaran jalannya program yang di kerjakan.
b)      Bagian pendeklarasian
Pada bagian ini merupakan tahap pernyataan dan penentuan berbagai jenis variable,konstanta,dan tipe data bentukan selanjutnya akan di gunakan pada badan utama program.
c)      Bagian badan algoritma
Bagian ini menunjukan untaian proses yang dilakukan. Biasanya berupa proses computing (perhitungan),perulangan,penyelesaian,ataupun proses pencetakan keluaran (output) program pada peranti output seperti monitor.


2)      Menggunakan bagan alir dokumen atau flowchart
Algoritma pada awalnya dimodelkan dalam bentuk bangunan ruang oleh para ilmuwan ketika komputer mulai berkembang. Model penulisan algoritma ini  disebut sebagai bagan alir atau flowchart. Bagan alir (flowchart) merupakan bagan (chart) yang menunjukan aliran atau runtunan data (flow) yang terjadi dalam program secara logika. Gaya perancangan algoritma dengan flowchart dapat lebih dimengerti karena memilki standar penggunaan yang sama untuk digunakan sebagai media berkomunikasi da dokumentasi. Berikut symbol-symbol yang harus dipahami dan di ingat ketika merancang algoritma dengan bagan alir program (program flowchart).

3)      Menggunakan notasi pseudocode
Pseudo artinya adalah tidak sebenarnya,semu atau samar. Jadi, pseudocode adalah sebuah notasi kode yang tidak sebenarnya,tatapi mewakili dari logika algoritma bahasa pemrograman yang akan di gunakan. Namun,pseudocode tidak mewakili aturan penulisan khusus seperti dalam bahasa pemrograman atau bagan alir program (flowchart). Penulisan pseudocode memiliki beberapa pedoman sebagai berikut.
a)      Memiliki bagian header (kepala yang menunjukan judul algoritma,komentar,dan deklarasi.
b)      Memiliki bagian badan algoritma yang merupakan inti dari proses.
c)      Memiliki bagian akhir proses algoritma yang menandakan bahwa proses alir program algoritma telah berakhir.

 Mungkin itu saja yang bisa saya dapat samapikan.berikutnya saya akan membagikan materi tentang struktur alur algoritma.
Terima kasih sudah berkunjung...semoga bermanfaat ^_^

Komentar

Ilham mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Postingan Populer