pengertian komputer

assalamualaikum wr.wb
apa kabar manteman semua,semoga sehat sehat saja. disini siapa yang tak kenal komputer??pada zaman serba moderen ini,pasti sebagian besar sudah pernah melihatnya yah.nah disini saya akan menjelaskan pengertian komputer.langsung saja di simak yah gan ^_^

pengertian komputer



menurut blissmer (1985),komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas,yaitu menerima input,memproses input sesuai dengan intruksi yang diberikan,menyampaikan perintah perintah dan hasil pengolahannya,serta menyedia kan output dalam bentuk informasi.

manurut sanders (1985),komputer adalah mesin elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis  menerima dan menyimpan data input,memprosesnya,dan menghasilkan output berdasarkan intruksi intruksi yang telah tersimpan di dalam memori.

dari pendapat kedua tokoh diatas dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronikyang dapat menerima input,mengolah input,memberikan informasi,menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer,dapat menyimpan program dan hasil pengolahan,serta bekerja secara otomatis.
agar bisa digunakan untuk mengolah data maka suatu sistem kompter harus memiliki elemen elemen seperti berikut:

a.perangkat keras (hardware)
perangkat keras merupakan komponen dari sebuah komputer yang sifatnya bisa dilihat dan diraba oleh       manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata,yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.atau dengan kata lain hardware adalah peralatan pada sistem komputer yang bisa jumpai atau dilihat secara fisik oleh manusia.

b.perangkat lunak (software)
perangkat lunak merupakan kumpulan intruksi atau program yang berisi perintah perintah untuk melakukan pengolahan data.

c.manusia (brainware)
manusia merupakan orang yang terlibat dalam mengoprasikan komputer.sebagai contoh programmer,operator komputer,data entry komputer,sistem analis,dan lain lain.

proses pengolahan data dalam komputer dibagi dalam 3 tahap,yaitu input,proses,dan output.berikut adalah gambar siklus pengolahan data dalam komputer.

siklus pengolahan data
keterangan :
1.input,merupakan informasi dari luar sistem komputer yang dimasukan ke dalam komputer.contohnya adalah keyboard,mouse,scanner,wabcam,light pen,trackball,joystick,dll.
2.proses,merupakan kegiatan mengolah data yang di masukan sehingga menjadi informasi yang berguna.contohnya adalah processor/cpu,main memory,vga,dll.
3.output,merupakan dari hasil olahan informasi yang akan ditampilkan melalui monitor,printer,dan alat output lainya.contohnya adalah monitor,printer,projektor/infocus,speaker,dll.

saya rasa cukup sampai disini saja,semoga bermanfaat buat manteman semua.jangan lupa saran dan kritikannya gan.
wassalamualaikum wr.wb ^_^
Baca juga : pengertian keyboard

Komentar

Postingan Populer